Pages

25 November 2012

HDR (High Dynamic Range) Photography

Setelah vakum ngeblog karena padatnya kegiatan akhirnya kesampean lagi posting artikel, nah kali ini saya akan berbagi tentang fotografi HDR, karena saya juga newbie dibidang fotografi mohon petunjuk untuk para sesepuh, pertama kali dengar istilah HDR bingung juga makanan apaan ini?!?!, tapi setelah bertanya dan belajar dari sesepuh dibantu browsing sana-sini akhirnya nemu definisi dari HDR, HDR sendiri kepanjangan dari High Dynamic Range atau yang berarti rentang dinamis yang lebar. Maksudnya adalah, foto yang punya rentang dinamis cahaya yang lebar antara area yang paling terang dan yang paling gelap. Efeknya adalah foto tersebut menjadi semakin akurat dalam merepresentasikan rentang yang lebar dari tingkat intensitas cahaya pada kondisi sebenarnya sehingga tercipta kesan lebih berdimensi dan lebih nyata, tidak jarang malah lebih (indah) dari kenyataannya (surreal).
Setelah tau definisinya barulah tiba saatnya saya trial and error untuk  pengambilan foto,  Untuk Gear yang saya pakai :
  1. Kamera Canon 60d
  2. Lensa 18-200mm Filter UV marumi
  3. Tripod
kemudian untuk setingan exposure saya menggunakan 3 setingan exposure berbeda untuk 3x pengambilan foto, untuk setingan yang pertama -2 kemudian 0 dan +2 untuk yang terkhir , dan sangat disarankan untuk format penyimpanan menggunakan RAW karena format RAW menyimpan informasi asli dari foto tersebut walaupun memori yang terkuras lebih besar, tetapi pada saat pengambilan saya mencoba memakai format JPG karena konsep awal hanya trial and error. 

Setelah selesai pengambilan beberapa foto dengan spot yang berbeda akhirnya tiba saatnya untuk menyatukan masing-masing foto dari beberapa pengambilan tadi, ada beberapa software yang bisa digunakan, yang paling umum adalah Adobe Photoshop tapi yang paling mudah untuk digunakan yaitu Photomatix (recomended), setelah penggabungan beberapa foto akhirnya jadilah hasil karya Trial and Error

Bagaimana hasilnya?!, hanya ini yang bisa saya buat pada pengambilan Trial and Error untuk HDR kali ini, mungkin kalau ada waktu luang saya akan membuat versi “serius” :D



0 comments:

Posting Komentar

mohon untuk mengisi komentar